Seorang Laki-laki 27 Tahun Datang Ke IGD Dengan Keluhan Sesak Nafas Yang Memberat Sejak 2 Hari Sebelum MRS. Didapatkan Dyspnoe D’effort Dan Paroxysmal Nocturnal Dyspnea, Batuk Kering Terutama Bila Tidur Dan Bengkak Kedua Tungkai Sejak 2 Minggu Yang Lalu. Pasien Memiliki Riwayat Thalassemia B Major Sejak Usia 1 Tahun, Rutin Transfusi Darah. Pada Pemeriksaan Fisik Didapatkan Tekanan Darah 100/70 MmHg, Frekuensi Nadi 122x/menit, Frekuensi Nafas 24x/menit. Konjungtiva Pucat, Sclera Ikterik, JVP 5+4 CmH2O, Murmur Sistolik Di Seluruh Katup Dan Gallop S3. Ditemukan Hepatosplenomegali Dan Edema Di Kedua Tungkai Bawah. Hasil Laboratorium: Hb 8,2 G/dL; Ureum 92 Mg/dL; Kreatinin 2,2 Mg/dL; Ferritin 1 Bulan Yang Lalu 8.700 Ng/mL. EKG Sinus Takikardi.Rontgen Toraks Ditemukan Kardiomegali Dengan Edema Paru. Tata Laksana Kelasi Besi Yang Paling Tepat Pada Pasien Ini Adalah?

Seorang laki-laki 27 tahun datang ke IGD dengan keluhan sesak nafas yang memberat sejak 2 hari sebelum MRS. Didapatkan dyspnoe d’effort dan paroxysmal nocturnal dyspnea, batuk kering terutama bila tidur dan bengkak kedua tungkai sejak 2 minggu yang lalu. Pasien memiliki riwayat thalassemia B major sejak usia 1 tahun, rutin transfusi darah. Pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 100/70 mmHg, frekuensi nadi 122x/menit, frekuensi nafas 24x/menit. Konjungtiva pucat, sclera ikterik, JVP 5+4 cmH2O, murmur sistolik di seluruh katup dan gallop S3. Ditemukan hepatosplenomegali dan edema di kedua tungkai bawah. Hasil laboratorium: Hb 8,2 g/dL; ureum 92 mg/dL; kreatinin 2,2 mg/dL; ferritin 1 bulan yang lalu 8.700 ng/mL. EKG sinus takikardi.Rontgen toraks ditemukan kardiomegali dengan edema paru. Tata laksana kelasi besi yang paling tepat pada pasien ini adalah?

  • Deferaxirox 20mg/kgBB per hari
  • Deferipron 50mg/kgBB per hari diberikan dalam 3 dosis terbagi
  • Desferoxamin 30mg/kgBB subkutan per hari
  • Desferoxamin kontinus 50 mg/kgBB per hari
  • Deferipron 100 mg/kgBB per hari diberikan dalam 3 dosis terbagi
  • Jawaban: E. Deferipron 100 mg/kgBB per hari diberikan dalam 3 dosis terbagi

    Dilansir dari Encyclopedia Britannica, seorang laki-laki 27 tahun datang ke igd dengan keluhan sesak nafas yang memberat sejak 2 hari sebelum mrs. didapatkan dyspnoe d’effort dan paroxysmal nocturnal dyspnea, batuk kering terutama bila tidur dan bengkak kedua tungkai sejak 2 minggu yang lalu. pasien memiliki riwayat thalassemia b major sejak usia 1 tahun, rutin transfusi darah. pada pemeriksaan fisik didapatkan tekanan darah 100/70 mmhg, frekuensi nadi 122x/menit, frekuensi nafas 24x/menit. konjungtiva pucat, sclera ikterik, jvp 5+4 cmh2o, murmur sistolik di seluruh katup dan gallop s3. ditemukan hepatosplenomegali dan edema di kedua tungkai bawah. hasil laboratorium: hb 8,2 g/dl; ureum 92 mg/dl; kreatinin 2,2 mg/dl; ferritin 1 bulan yang lalu 8.700 ng/ml. ekg sinus takikardi.rontgen toraks ditemukan kardiomegali dengan edema paru. tata laksana kelasi besi yang paling tepat pada pasien ini adalah deferipron 100 mg/kgbb per hari diberikan dalam 3 dosis terbagi.

    Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Seorang perempuan 63 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan benjolan pada leher kiri disertai penurunan berat badan.Tidak ada keluhan demam. Pada pemeriksaan fisik didapatkan pembesaran kelenjar getah bening pada regio colli dextra dan inguinal sinistra, pemeriksaan fisik lain dalam batas normal. Pemeriksaan darah rutin dalam batas normal. Dari pemeriksaan histopatologi benjolan didapatkan hasil limfoma maligna non Hodgkin folikuler grade 2, CD20 positif.Regimen kemoterapi yang paling tepat pada pasien ini adalah? beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

    Originally posted 2022-02-12 05:07:06.

    Tinggalkan komentar